KLQ: Menghafal Iya, Disiplin Oke

BERDATANGAN: Sebagian peserta Karantina Liburan Quran (KLQ) mulai masuk ke Pondok Pesantren Alquran (PPA) Ibnu Katsir (Ibka) Putra Jember, Ahad (24/12).

DI Karantina Liburan Quran (KLQ) yang berlangsung Ahad sampai Sabtu (24-30/12), peserta akan mendapatkan keseimbangan pembimbingan dari panitia. Di satu sisi, peserta akan diajak menghafal Alquran.

“Menghafal Quran, lalu murojaah (mengulang yang telah dihafal), adalah cara untuk intensif bersama Alquran. Tapi, tidak cukup itu,” kata Ustadzah Dyah Wulandari, panitia KLQ.

Sebab, para peserta diajak untuk membangun kepribadian yang baik. Ini sesuai dengan kontrak belajar yang harus ditaati dan dipatuhi semua peserta. Misalnya, harus disiplin, semangat dan optimistis, bersih, rapi, serta berjiwa sosial. Selain itu, juga harus menjaga akhlak Islami serta rajin beribadah.

Di KLQ pula, setiap peserta dituntut untuk kompak dan saling menjaga sesama peserta. “Sebab, mereka dibagi ke dalam beberapa kelompok halaqah. Pada akhirnya harus saling mengenal, menjaga kekompakkan. Karena ada pula kegiatan yang harus dilakukan kelompok,”  terangnya Ustadzah Dyah.

Peserta KLQ kali ini berjumlah 150 orang. Untuk peserta putri, rinciannya SD 35 orang, SMP 28 orang, dan SMA 5 orang. Lalu, putra SD 56 orang, SMP 19 orang, dan SMA 7 orang. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *