Sampai Bertemu di KTQ Ramadhan

HALAQAH QURAN: Suasana Karantina Liburan Qurani (KLQ) di Pondok Pesantren Alquran Ibnu Katsir Putra Jember.

 

KARANTINA Liburan Qurani (KLQ) 2 resmi ditutup, Sabtu (30/12) pagi. Penutupan dikemas dalam bentuk wisuda dan penyerahan sertifikat kepada sekitar 155 peserta di Aula Soenarjo Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (Puslitkoka) Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Ketua Ibnu Katsir Learning Center (ILC) Dani Yusuf selaku penyelenggara mengungkapkan, ILC sudah menyiapkan kegiatan berikutnya berupa Karantina Tahfidz Quran (KTQ). “Insya Allah diselenggarakan pada bulan Ramadhan di Puslitkoka Kaliwining,” ungkapnya.

Sebagaimana sebelumnya, begitu ILC mengungkapkan rencana penyeleggaraan KTQ, sebagian wali santri KLQ sudah booking seat sejak sekarang. “Begitu mendengar aka nada KTQ Ramadhan, sudah ada beberapa yang booking seat satu sampai dua orang,” aku Dani.

Direktur Puslitkoka Indonesia Dr Misnawi menyambut baik rencana pelaksanaan KTQ di Kaliwining. Pihaknya siap memfasilitasi kegiatan yang biasanya memakan waktu satu pekan ini. “Kami akan ada pengembangan fasilitas di sana tahun depan. Akan ada tambahan sekitar 10 kamar dengan aula yang luas. Semoga sudah selesai sebelum pelaksanaan KTQ,” katanya.

Misnawi mengaku bersyukur lembaganya bisa memfasilitasi kegiatan anak-anak yang menghafal Quran saat libur sekolah. Dalam berbagai teori, dalam sebuah komunitas, yang menjadi penggerak biasanya hanya 20 persen dari populasi.  “Semoga kita semua, anak-anak kita, termasuk yang 20 persen di masyarakat. Kita yang akan menjadi penggerak kebaikan di tengah-tengah masyarakat,” harapnya.

Dalam penutupan KLQ 2 tersebut, hadir pula Ketua Yayasan Ibka Jember H. Khoirul Hadi, Lc, dan ratusan orang tua wali santri KLQ. Jajaran musyrif dan musyrifah yang selama KLQ mengawal hafalan para peserta juga hadir di penutupan tersebut.

Di acara tersebut, setiap peserta menerima sertifikat sesuai dengan capaian hafalan selama KLQ. Mulai dari seperempat halaman sampai 20 halaman alias satu juz. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *